Minggu, 11 Juli 2010

KERANGKA PIKIR DALAM MENYUSUN BUSINESS PLAN

A. DISKRIPSI BISNIS

1. Difinisi bisnis (sifat / karekteristik, fungsi, maksud tujuan)
2. Difinisi produk (jenis produk atau jasa yang ditawarkan, diskripsi produk)
3. Hubungan industri (lingkup industri, peran dalam industri, peran pesaing dalam industri, saluran distribusi dalam industri. Strategi harga dalam industri)

B. STRATEGI PEMASARAN

1. Difinisi pasar ( difinisis dari target pasar, ukuran asar, tingkat pertumbuhan pasar, area pertumbuhan pasar, pusat lokasi2 distribusi pembelian, lingkup pangsa pasar, kompetitor pangsa pasar)
2. Posisi pasar ( difinisi perbedaan produk, difinisi manfaat produk, gambaran kesan anda inginkan pada pemberian kepada pelanggan)
3. Strategi harga ( proyeksi jumlah unit terjual, proyeksi harga satuan, jastifikasi untuk harga satuan)
4. Strategi distribusi ( rumuskan saluran distribusi, daftar para pemain yang terlibat dalam dalam saluran distribusi, rumuskan strategi distribusi untuk produk, biaya distribusi, daftar saluran alternative)
5. Strategi penjualan (rumuskan strategi penjualan, rumuskan rencana proosi, outline penjadwalan penjualan dan strategi promosi, rumuskan organisasi penjualan
6. Potensi penjualan (proyeksi dari ukuran pasar, pangsa, harga, proyeksi dari tingkat konversi, atas dasar apa asumsi pendapatan, lengkapi suatu model pendapatan)

C. ANALISIS PERSAINGAN

1. Kompetisi ( rumuskan kompetisi, rumuskan kompetisi produk, daftar distribusi dari pangsa pasar saat ini)
2. Aktiva dan keterampilan kunci (rumuskan faktor2 kunci keberhasilan untuk bisnis, rumuskan tingkatan dari penugasan penting untuk mencapai faktor keberhasilan).
3. Bedakan manfaat kompetisi (daftar unsur yang mana cukup dan lengkapi manfaat kompetisi, rumuskanmanfaat)
4. Strategi kompetisi (rumuskan strategi dari kunci kompetitor, rincikan strategi terhadap menghadapi kopetitor)
5. Rintangan masuk ( daftar yang jelas kualitas produk anda, rincikan respon dari kompetitor, rumuskan rintangan untuk memasuki pasar)
6. Analisis nilai tambah ( rumuskan tingkatan pada mana nilai akan ditambahkan pada produk, rincikan stiap manfaat yang diharapkan melalui nilai tambah, gambarkan bagaimana nilai tambah akan mempengaruhi harga.

D. RENCANA RANCANGAN DAN PENGEMBANGAN

1. Pengembangan produk ( Perincian pengembangan dari prduk, daftar komponen kunci, gambaran teknis dasar dari produk tersebut adalah yang dihasilkan, rumuskan ukuran dan lingkup dari pengembangan,)
2. Penjadwalan, penganggaran dan kontrol ( rincian tugas2 yang dibutuhkan untuk dilaksanakan agar supaya untuk menghasilkan produk, kembangkan jadwal dari tugas2, rincikan biaya2 untuk menghasilkan produk jadi, gambarkan sistem kontrol yang dipakai terhadap pengawasan kualitas.

F. RENCANA OPERASI DAN MANAJEMEN

1. Menajemen (gambarkan qualifikasi tim manajemen, rincian aliran komando dari manajemen ke staff.)
2. Operasi ( rincikan biaya operasi bisnis, rumuskan kebutuhan personil, rincikan pertumbuhan dalam operasi, rincikan unsur perlengkapan modal)

G. KOMPONEN KEUANGAN

1. Laporan rugi laba
2. Laporan aliran kas
3. Laporan Neraca
4. Ukuran analisis keungan

H. RINGKASAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini