Sabtu, 29 Mei 2010

MERAWAT KOMPUTER UNTUK MENGHEMAT BIAYA

Perkembangan teknologi serta era digitalisasi dan komputerisasi menjadi salah satu faktor yang mendorong menjamurnya pengunaan komputer.
Perangkat yang dulunya digolongkan sebagai barang mewah kini seolah bergeser menjadi kebutuhan yang "wajib" dipenuhi. Harganya pun relatif lebih terjangkau.
Namun patut disadari bahwa memiliki seperangkat komputer juga berarti menuntut tanggung jawab dari setiap pemiliknya.
Tanggung jawab tersebut yaitu secara rutin melakukan perawatan. Selain demi menjaga performanya, hal ini dapat membantu menekan biaya perbaikan komputer.
Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah men-defrag hardisk secara rutin. Hal ini ditujukan untuk menata file-file yang ada sehingga akan mempermudah dan meringankan proses read/write yang ada pada akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Mengaktifkan screensaver menjadi hal lain yang dapat dilakukan. Penayangan gambar secara terus-menerus oleh monitor, akan membuat tampilan monitor menjadi redup dan kurang jelas.
Screensaver digunakan untuk mencgah hail ini. Gambar yang seolah bergerak di dalam layar membantu kontribusi fosfor yang menghasilkan gambar merata disetiap tempat sehingga meminimalkan terjadinya kerusakan.
Program anti-virus juga sangat dibutuhkan untuk mencegah virus dan program yang tidak diharapkan masuk ke dalam komputer.
Langkah pemasangan progrma anti-virus pada komputer merupakan langkah pencegahan karena dalam beberapa kasus, komputer yang terjangkit virus harus di install ulang, dan hal ini secara otomatis membuat komputer lebih beresiko untuk rusak.
Membersihkan recycle bin pun menjadi salah satu cara untuk membantu mengurangi memori yang terpakai di dalam harddisk. Dengan mengosongkan tempat penampungan file/data yang tidak terpakai, kiat dapat menghemat memori yang ada.
Yang terakhir, kita juga dapat mempercepat kerja komputer dengan menutup program yang tidak digunakan. Karena setiap program yang kita buka menyita memori, oleh karena itu semakin banyak program yang yang dibuka, semakin banyak memroi yang tersita.
Jika kita dapat merawat komputer kita dengan baik, kita dapat menghemat biaya perbaikannya. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini