Kamis, 22 April 2010

Antivirus dan Keamanan Serbaguna untuk Internet

JAKARTA- Antivirus saja tidak cukup menjamin keamanan jaringan. Sistem keamanan Internet juga diperlukan. Seperti apakah solusi keamanan yang ideal?
Sejak dunia maya hadir, ancaman terhadap celah jejaring komputer kian marak. Bukan hanya antivirus yang mampu memindai dokumen saja, kita membutuhkan dinding pengaman khusus saat online. Saat ini saja, kita sudah mengenal adware, spyware, pornware, trojans, worms, spam, dan banyak lagi di luar virus yang mengancam data dan informasi berharga.
Begitu banyak bentuk ancaman tadi menyerang beragam sistem operasi, mulai dari yang proprietary alias berlisensi hingga yang Open Source.
“Kita membutuhkan antivirus serta program keamanan Internet yang mampu mengamankan semua jenis sistem operasi. Kaspersky Antivirus dan Internet Security dapat berjalan di semua sistem, Windows, Linux, Novel, Debian serta Free BSD Unix System,” ungkap Ernst Kelting, Senior Vice President Asia Pacific and South East Kaspersky Lab kepada pers di Jakarta belum lama ini.

“Phishing”
Ancaman keamanan saat ini tidak terbatas pada saat online atau offline saja, tetapi keduanya. Ancaman online yang sekarang sedang marak antara lain phishing, aksi pemalsuan situs dengan jebakan untuk mendapat informasi penting pengguna. Yang tidak kalah adalah aksi pancingan pengguna untuk mengunjungi situs berbayar.
“Ini banyak terjadi pada user yang menggunakan sistem dial up. Mereka otomatis dibuat mengunjungi situs-situs berbayar. Pada saat akhir bulan, tahu-tahu tagihan membengkak,” jelas Victor Herlianto, Business Develoment Manger Optima Solusindo Informatika, dalam kesempatan yang sama. Kasus-kasus seperti ini kerap tidak disadari oleh pengguna yang bersangkutan.
Kaspersky Internet Security setidaknya mampu menekan merebaknya kasus tipuan sejenis itu. Program keamanan online ini akan mendeteksi adanya gejala phishing pada setiap aktivitas online.
Aplikasi ini juga mampu memblokade secara otomatis kunjungan ke situs dial up berbayar yang tidak diinginkan pengguna. Selain itu, semua dokumen dan data yang masuk secara online di traffic mail akan dipindai.

Peranti Bergerak
Apa sesungguhnya yang dibutuhkan pada sebuah aplikasi antivirus? Kelting memaparkan bahwa antivirus yang ideal haruslah memiliki kemampuan deteksi yang cepat. Begitu ada virus baru menyebar, program ini harus segera mengetahui dan pihak lab akan sesegera mungkin membuat antivirus anyarnya. Berarti para ilmuwan di lab harus merespons cepat dan melakukan pembaruan key signature. Suatu antivirus yang baik adalah yang memiliki frekuensi pembaruan alias updating key signature tinggi.
Karena teknologi saat ini memungkinkan fitur bergerak alias mobile, antivirus juga harus mendukung beragam peranti bergerak. Seperti kita tahu, ancaman keamanan tidak tertutup pada komputer jinjing atau laptop, Personal Digital Assistant (PDA), telepon seluler (ponsel), dan sebagainya. Terlebih ketika merebak kasus di mana peranti bergerak kerap “kecolongan” gangguan yang berasal dari koneksi di luar Internet seperti Bluetooth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini